Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling
Vol. 2 No. 2 (2024): Juli - September

Systematic Literature Review: Penerapan Strategi TGT (Teams Games Tournament) Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar

Istianah Khoiriah (Unknown)
Zafida Rohmawati Khusna (Unknown)
Efryda Savita Anjarwati (Unknown)
Septi Adelia Putri (Unknown)
Putri Zudhah Ferryka (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Permasalahan utama dalam pendidikan di Indonesia saat ini adalah rendahnya prestasi akademik siswa di sekolah. Seiring dengan kemajuan pesat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), penguasaan matematika menjadi sangat penting bagi para pelajar. Dalam kehidupan sehari-hari, individu umumnya menggunakan pemikiran cepat, logis, dan teknologi untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan efisien. Keterampilan kognitif ini merupakan bagian integral dari kemahiran matematika. Strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) adalah suatu metode pembelajaran di mana siswa belajar dalam kelompok-kelompok. TGT sangat sesuai dan mudah diterapkan di kalangan siswa karena menekankan pada partisipasi aktif dan kerjasama antara semua siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Systematic Literatur Review (SLR). SLR Studi ini menekankan pentingnya meningkatkan pendidikan matematika melalui implementasi efektif strategiTGT untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. Data dikumpulkan dari lima artikel jurnal yang diperoleh melalui aplikasi Publish or Perish di basis data Google Scholar. Strategi pembelajaran pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika, keterlibatan dan motivasi siswa, serta aktivitas guru dan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdsk

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

urnal Pendidikan Sosial dan Konseling (JPDSK) merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun, ...