Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah
Vol 7 No 2 (2023): DESEMBER

Strategi komunikasi persuasif lembaga kemanusiaan dalam meningkatkan penjualan hewan kurban (studi program new kurban Yayasan Pelopor Kepedulian tahun 2021)

Afgrynadika, Aufa (Unknown)
Tanjung, Hasan Basri (Unknown)
Hamdani, Ikhwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Ibadah Kurban adalah salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam pada saat Hari Raya IdulAdha. Namun, sejak pandemi Covid -19 yakni Maret 2020, hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan angka konsumsi hewan kurban yang cukup signifikan. Di saat perusahaan atau lembaga lain mengalami penurunan, Yayasan Pelopor Kepedulian justru mengalami kenaikan penjualan sebesar 300 persen pada tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif yang diterapkan Yayasan Pelopor Kepedulian pada pelaksanaan program new kurban tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif yang dijabarkan secara deskriptif. Dalam memperoleh data, penulis menggunakan metode wawancara mendalam dan studi dokumentasi, serta menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan Pelopor Kepedulian menggunakan nilai-nilai persuasi dalam setiap aktivitas promosi new kurban tahun 2021. Yayasan Pelopor Kepedulian mengandalkan kompetensi customer service, admin sosial media dan departemen telemarketing dalam melayani calon donatur. Konten promosi yang dibalut dengan edukasi dan kemasan menarik mampu membuat calon donatur menghubungi tim Pelopor Kepedulian, pada saat itulah, Pelopor Kepedulian menerapkan konsep pelayanan humanis. Untuk menunjang keberhasilan strategi, Pelopor Kepedulian menggunakan jasa brand ambassador dan mempersiapkan kompetensi sumber daya yang ada dalam melayani calon donatur. Strategi komunikasi persuasif yang dijalankan Pelopor Kepedulian dapat dikatakan berhasil dan efektif. Hal itu dibuktikan dengan kenaikan penjualan 300 persen dengan total penjualan sebanyak 7 sapi, 18 kambing dan 12 ekor domba pada new kurban tahun 2021. Melihat kenaikan penjualan ini, dapat dilihat bahwa Yayasan Pelopor Kepedulian telah menemukan strategi komunikasi persuasif yang tepat untuk menjual hewan kurban yang sesuai dengan target pasarnya. Dengan demikian, hal tersebut dapat mempermudah penjualan hewan kurban di tahun-tahun selanjutnya. Adapun rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah perlu adanya penelitian dari sisi eksternal yang mana perlu dikaji terkait dampak bagi konsumen tentang pelayanan yang diberikan oleh Pelopor Kepedulian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Komunika

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Komunika Journal of Communication Science and Islamic Dakwah is a media scientific publication that contains articles in the field of communication and the scope of Islamic Dawah. Komunika journal is dedicated to foster the creation and exchange of ideas between academia or research, faculty and ...