Edukha : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2023): Vol. 4 No. 2 (2023)

Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw

Rahman, Abd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn tentang Mensintesiskan Isi Alinea dan Pokok Pikiran yang Terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 di kelas IX C SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023; (2) menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran jigsaw di kelas IX C SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023; dan (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sesudah menggunakan model pembelajaran jigsaw di kelas IX C SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas IX C semester I SMP Negeri 6 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 64,17 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw menjadi 72,08 pada siklus 1 dan 79,31 pada siklus 2. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Edukha

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal edisi pertama pada volume pertama tahun 2020, menyajikan beberapa tulisan hasil penelitian Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Kami berharap agar para Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan termotivasi untuk menulis karya ilmiah dari hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, ...