Artikel ini membahas perbandingan kepemimpinan dalam konteks sekolah dan pondok pesantren. Kepemimpinan dalam institusi pendidikan sangat penting untuk mencapai tujuan akademik dan pengembangan karakter siswa. Namun, kepemimpinan di sekolah dan pondok pesantren memiliki perbedaan dalam budaya, nilai, dan tujuan institusi. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan pimpinan sekolah dan pondok pesantren. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan di sekolah lebih terfokus pada pengelolaan administrasi, sementara kepemimpinan di pondok pesantren lebih terfokus pada pembinaan karakter dan nilai agama. Selain itu, kepemimpinan di pondok pesantren lebih bersifat paternalistik, sedangkan kepemimpinan di sekolah lebih bersifat demokratis. Dalam konteks pengembangan pendidikan di Indonesia, penelitian ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman tentang perbedaan kepemimpinan di dua jenis institusi pendidikan yang berbeda.
Copyrights © 2023