Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penerapan metode karyawisata terhadap kegiatan literasi anak di kelompok B. Jenis penelitian deskriptif, Subjek penelitian adalah seluruh anak kelompok B TK Anatapura Lolu Kabupaten Sigi yang berjumlah 12 anak, terdiri 7 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil rekapitilasi kegiatan literasi anak sebelum diberikan perlakuan aspek kemampuan bercerita kategori BSH 16,67%, kategori MB 25 %,  dan kategori BB 58, 33%. Aspek kemampuan membaca gambar kategori BSH 16,67 kategori MB 33,33%, dan kategori BB 50%. Aspek kemampuan mengenal huruf kategori BSH 25%, kategori MB 33,33%, kategori BB 41,67%. Sesudah perlakuan aspek kemampuan bercerita kategori BSB 33%, kategori BSH 50%, kategori MB 25%, kategori BB 16,67%. Aspek kemampuan membaca gambar kategori BSB 8,33%, kategori BSH 58,33%, Kategori MB 16,67%, kategori BB 16,67%. Aspek kemampuan mengenal huruf kategori BSB 16,67%, kategori BSH 41,67%, kategori MB 25%, kategori BB 16,67%. Rata-rata Sesudah diberikan perlakuan terjadi peningkatan terdapat 11,11% kategori BSB, 50% kategori BSH, 22,22% kategori MB, 16,67% kategori BB
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023