Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
Vol 7, No 2 (2021): September

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

Jaswandi, Lalu (Unknown)
Kartiani, Baiq Sarlita (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Abstrak: Dalam dunia pendidikan SD, penguasaan kompetensi matematika menjadi penting. Matematika selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Matematika ada sejak dari bangun tidur, melihat waktu, mengukur kecepatan, memprediksi jarak dan seterusnya hingga kembali tidur. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode penemuan terbimbing terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Hadi Sakti dengan jumlah sampel 25 siswa. Analisis data menggunakan uji t untuk melihat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan hasil analisis N gain kelas eksperimen dan kelas control. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yaitu adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa diajarkan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan metode penemuan terbimbingKata Kunci: Pembelajaran Matematika, Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Transformasi (JTNI) : Jurnal Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal is scientific journal published by Program StudI Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016. JTNI contains ...