Jurnal Media Wahana Ekonomika
Vol. 21 No. 2 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2024

Pengaruh Citra Destinasi, Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Destinasi Kepulauan Togean

Mardani, Mohammad (Unknown)
Zahara, Zakiyah (Unknown)
Muzakir, Muzakir (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

ABSTRAK   Kepariwisataan merupakan fenomena yang kompleks yang membentuk suatu sistem yang saling berkelindaan. Karena suatu sistem, perubahan yang terjadi disuatu elemen atau komponen akan mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi terhadap kepercayaan, kualitas layanan terhadap kepercayaan, kepercayaan terhadap kepuasan wisatawan, citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan, kualitas layanan terhadap kepuasan wisatawan, citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan melalui kepercayaan, dan kualitas layanan terhadap kepuasan wisatawan melalui kepercayaan. Pengujian hipotesis menggunakan PLS-SEM dengan jumlah Sampel terdiri dari 44 orang wisatawan manca negara, 66 orang wisatawan Nusantara yang berkunjung ke destinasi Kepulauan Togean. Berdasarkan hasil analisis bahwa (1) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan (2) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan (3) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan (4) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan (5) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan (6) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan melalui kepercayaan (7) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan melalui kepercayaan. Kata Kunci: Citra Destinasi, Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepuasan Wisatawan.   ABSTRACT   This research aims to determine the effect of destination image on trust, service quality on trust, trust on tourist satisfaction, destination image on tourist satisfaction, service quality on tourist satisfaction, destination image on tourist satisfaction through trust, and service quality on tourist satisfaction through trust. Hypothesis testing uses PLS-SEM with a sample size consisting of 44 foreign tourists, 66 domestic tourists visiting the Togean Islands destination. Based on the results of the analysis, (1) destination image has a positive and significant effect on trust (2) service quality has a positive and significant effect on trust (3) trust has a positive and significant effect on tourist satisfaction (4) destination image has a positive and significant effect on tourist satisfaction ( 5) service quality has a positive and significant effect on tourist satisfaction (6) destination image has a positive and significant effect on tourist satisfaction through trust (7) service quality has a positive and significant effect on tourist satisfaction through trust. Keywords : Destination Image, Service Quality, Trust, Tourist Satisfaction.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) ...