Satu diantara penyebab naiknya permintaan hortikultura ialah maraknya gaya hidup sehat di kalangan masyarakat, pada era modern telah sadar akan pentingnya kesehatan, dimana banyak masyarakat yang mulai mengkonsumsi makanan sehat, salah satu cara yakni dengan mengkonsumsi sayuran yang bebas dari pestisida yaitu hidroponik. Riset berikut tujuannya guna memahami bagaimana faktor Eksternal dan Internal usaha produksi sayur Hidroponik dari “Hidromill Farm” dan strategi pengembangan yang dilakukan pada usaha produksi sayur Hidroponik dari “Hidromill Farm”. Metode penelitian mengunakan analisis deskrptif melalui wawancara kepada 5 responden. Model analisis yang dipakai ialag Matriks EFAS dan IFAS, lalu kelangkah selanjutnya yaitu SWOT, dan terakhir yaitu menentukan kuadran untuk mengetahui strategi apa yang layak di laksanakan pada usaha “Hidromill Farm”. Pada tujuan pertama disimpulkan bahwa Analisis IFAS menunjukkan “Hidromill Farm” memiliki kekuatan di sisi internal, dan pada analisis EFAS “Hidromill Farm” memiliki peluang yang cukup dominan. Selanjutnya di tujuan kedua strategi pengembangan usaha yang di peroleh yaitu Strategi S-O dengan mengoptimalkan bahan baku dan tenaga SDM untuk meningkatkan produksi serta memperluas wilayah pemasaran
Copyrights © 2024