BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya
Vol 8, No 1 (2024): Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya

PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK SMA

Ramadhani, Lulu (Unknown)
Markhamah, Markhamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran bahasa dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan keterampilan menulis, mendeskripsikan strategi yang dapat dilakukan guna meningkatkan keterampilan berbicara, dan keterampilan menulis pada peserta didik SMA, serta mendeskripsikan faktor penghambat dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis bagi peserta didik di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dengan metode wawancara mendalam kepada narasumber. Sumber data yakni transkrip hasil wawancara dengan seorang guru bahasa Indonesia dan peserta didik SMA di Surakarta. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menemukan bahwa bahasa memiliki peran yang sangat esensial dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis karena bahasa sebagai patokan dalam berbahasa, sebagai alat pengembangan kosakata, alat pengembangan keterampilan gramatikal, sebagai pembentuk karakter dalam berbahasa dan sebagai pengembangan alat kreativitas. Strategi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis yaitu menerapkan kegiatan berpidato, berdebat, bermain peran, dan berdiskusi. Selain itu, peserta didik juga perlu banyak berlatih, membaca, dan mencari referensi. Faktor penghambat yang terjadi dalam meningkatkan keterampilan tersebut yaitu kesulitan mencari referensi, tidak ada pembimbing dan tempat praktek serta kurangnya motivasi peserta didik dalam berupaya meningkatkan keterampilan berbicara dan keterampilan menulis.

Copyrights © 2024