Artikel ini dilakukan untuk menyampaikan perkembangan konsep pemasaran dan implementasinya. Pemaparan dimulai pada cakupan atau ruang lingkup pemasaran, lalu perkembangan konsep pemasaran dari awal munculnya hingga saat ini dan diakhiri dengan implementasi dari konsep pemasaran. Pemasaran merupakan faktor yang penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam sebuah perusahaan, peran pemasaran menjadi salah satu dari kegiatan utama dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya untuk berkembang dan mendapatkan keuntungan atau laba, namun yang tidak kalah penting selain laba adalah bagaimana perusahaan dapat memberikan kepuasan pada konsumen dalam pemenuhan kebutuhannya. Perluasan definisi pemasaran memunculkan ruang lingkup pemasaran yang luas pula. Proses ini terus ada sehingga memunculkan lebuh banyak fenomena pemasaran yang dianalisis dan diungkapkan oleh ahli pemasaran yang kemudian digunakan sebagai referensi dalam memahami konsep pemasaran dan digunakan dalam implementasinya di perusahaan, dimana dari awal konsep pemasaran yang menempatkan perusahaan sebagai awal dan akhir kegiatan perusahaan berubah menjadi konsumen yang ada pada posisi itu. Selain itu perkembangan peran pemasaran juga memberikan konsep alternatif terbaru dimana konsep pemasaran pemasaran sebagai network organization. Dimana pemuasan kebutuhan tidak hanya fokus pada konsumen namun juga seluruh stakeholder perusahaan. Untuk dapat memenuhi kepuasan konsumen, maka perusahaan menggunakan harus dapat menempatkan pemasaran sebagai konsep bisnis strategis yang memberikan kepuasaan konsumen dalam jangka panjang
Copyrights © 2024