Pembelajaran literasi dan numerasi di dalam kelas membutuhkan media pembelajaran sebagai penunjang dalam meningkatkan pembiasaan literasi dan numerasi dalam diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran literasi dan numerasi yang terintegrasi dengan nilai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D oleh Thiagarajan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Media permainan ular tangga dikembangkan dengan memanfaatkan suatu software aplikasi. Validator memberikan penilaian terhadap media permainan ular tangga dengan rata-rata secara keseluruhan aspek penilaian sebesar 91,67%. Berdasarkan hasil validasi dinyatakan valid dan berdasarkan uji keterbacaan, media dinyatakan praktis. Sehingga media permainan ular tangga layak digunakan untuk pembelajaran literasi dan numerasi yang terintegrasi. Pengembangan media pembelajaran ini diterapkan dengan Taksonomi Bloom untuk mendukung pengembangan kemampuan literasi dan numerasi siswa
Copyrights © 2024