Nusantara Community Empowerment Review
Vol. 2 No. 2 (2024): Nusantara Community Empowerment Review

Perluasan Pasar dan Strategi Branding sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Takoyaki

Lailiyah, Nikmatul (Unknown)
Sholikhah, Afifatus (Unknown)
Nadia , Syarifah (Unknown)
Azizah, Maulida NIkmatul (Unknown)
Aini, Marsela Intan Nur (Unknown)
Aprilianto , Muhammad Jefri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu pelaku bisnis UMKM Takoyami dalam mengungkapkan potensi yang dimilikinya sehingga mampu menciptakan dan mengembangkan potensinya untuk usahanya yang berlokasi di Perum Permata Tanggulangin Sidoarjo. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode kualitatif yang lebih fokus pada melakukan pemahaman mendalam dengan menelaah permasalahan khusus dalam bisnis UMKM. Hasil pengabdian masyarakat yang didapat dari bisnis UMKM Takoyami ini yaitu perbaikan pada kemasan produk, label produk, dan pemasaran. Ada beberapa permasalahan yang harus dikembangkan agar UMKM bisa berkembang secara bertahap, oleh karena itu pemilik UMKM perlu dibekali dengan pengetahuan dan sosialisasi tentang digital marketing yang baik kegiatan pelayanan. Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah meningkatkan dan mengembangkan bisnis UMKM Takoyami dengan menentukan Google Maps agar konsumen dapat mengetahui keberadaan Takoyami dan bisa lebih dikenal oleh konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. This community service aims to help Takoyami MSME business actors express their potential so that they can create and develop their potential for their business located in Perum Permata Tanggulangin Sidoarjo. This community service uses a qualitative method that focuses more on conducting in-depth understanding by examining specific problems in the MSME business. The results of community service obtained from this Takoyami MSME business are improvements in product packaging, product labels, and marketing. Several problems must be developed so that MSMEs can develop gradually, therefore MSME owners need to be equipped with knowledge and socialization about good digital marketing service activities. The results to be achieved in this activity are to improve and develop the Takoyami MSME business by determining Google Maps so that consumers can find out the whereabouts of Takoyami and can be better known by consumers with a wider reach.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ncer

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Nusantara Community Empowerment Review (NCER) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Jurnal ini diterbitkan dalam versi online dengan akses terbuka dan unduhan gratis. NCER menerbitkan artikel ...