Nivedana : Jurnal Komunikasi dan Bahasa
Vol. 4 No. 2 (2023): NIVEDANA: Jurnal Komunikasi & Bahasa

PERAN KAMPANYE MEDIA SOSIAL DALAM PERILAKU PEMILIH MUDA DI DKI

Tuty Mutiah, Mutiah (Unknown)
Rahtika Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Media sosial tidak hanya dapat memengaruhi perilaku pemilih, tetapi juga menjadikannya sarana komunikasi politik alternatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana penggunaan media sosial sebagai alat kampanye politik memengaruhi perilaku pemilih. Penelitian ini meneliti bagaimana penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi kampanye politik dapat memengaruhi perilaku pemilih muda di DKI Jakarta selama Pemilihan Presiden 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan 100 remaja yang tersebar di seluruh DKI Jakarta sebagai responden. Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien regresi variabel peran kampanye sosial media adalah positif (0,792) dan signifikan. Pengujian variabel peran kampanye sosial media terhadap perilaku pemilih muda menghasilkan nilai Fhitung sebesar 120,636, lebih besar dari Ftabel (2,96), dan signifikansi adalah 0,000 kurang dari 0.05. Dengan demikian, H0 ditolak. Ini menunjukkan bahwa perilaku pemilih muda sangat dipengaruhi oleh kampanye sosial media.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NIVEDANA

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

Jurnal komunikasi dan bahasa (nivedana) menerbitkan artikel berbasis penelitian dari berbagai topik dalam ilmu komunikasi dan bahasa. Jurnal ini memberikan ruang untuk mengakomodasi terkait dengan cakupan utama, yaitu: 1). Komunikasi dengan cakupan media, jurnalisme, komunikasi interpersonal, ...