JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)
Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3

Analisis Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Kedungwaringin

Afsanah, Devi (Unknown)
Tuhagana, Aji (Unknown)
Anggela, Flora Patricia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah disiplin kerja dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Kedungwaringin di Jl. Raya Kedoeng Gedeh No.10 – 17540. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin kerja pegawai dilihat dari empat indikator melalui ketepatan waktu, penggunaan peralatan kantor, tanggung jawab yang tinggi, dan taat terhadap aturan kantor sedangkan untuk kualitas pelayanan diketahui dari lima dimensi melalui berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Disiplin kerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Kedungwaringin masih belum berjalan dengan maksimal hal ini diketahui dari permasalahan yang terjadi, sebaiknya Kecamatan Kedungwaringin perlu evaluasi terhadap para pegawai selama proses pelayanan dan evaluasi terhadap masyarakat dalam bentuk laporan atau pandangan masyarakat dalam selama proses pelayanan, dan perlu ditingkatkan lagi sarana dan prasarana yang lebih baik guna membantu proses pelayanan.Kata kunci:  Disiplin kerja, Kualitas pelayanan, Pelayanan publik

Copyrights © 2022