Educational Studies: Conference Series
Vol. 3 No. 2 (2023)

“PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SANGASANGA”

Anjani , Dila (Unknown)
Sudarman (Unknown)
Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential berbantuan media sparkol videoscribe terhadap minat belajar siswa SMAN 1 Sangasanga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji normalitas dan homogen, uji koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana, analisis deskriptif N-gain score dan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, antara minat belajar siswa pada kelas XI yang menggunakan model pembelajaran experiential berbantuan sparkol videoscribe dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi setelah menerapkan model pembelajaran experiential pada materi peranan badan usaha bagi perekonomian Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Sangasanga tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

escs

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

Educational Sciences: Conference Series is a multidisciplinary peer-reviewed journal that contains articles in the field of education that are the result of research from various authors presented in various seminars in the Faculty of Teacher Training and Education, Mulawarman University. It is ...