Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential berbantuan media sparkol videoscribe terhadap minat belajar siswa SMAN 1 Sangasanga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji normalitas dan homogen, uji koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana, analisis deskriptif N-gain score dan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, antara minat belajar siswa pada kelas XI yang menggunakan model pembelajaran experiential berbantuan sparkol videoscribe dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi setelah menerapkan model pembelajaran experiential pada materi peranan badan usaha bagi perekonomian Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Sangasanga tahun ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2023