Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jalur pemasaran ayam pedaging (Broiler) di Kelurahan Baru Kecamatan Baolan Kabupaten Toli-Toli. Waktu pelaksanaan penelitian dan pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Desember 2023 sampai dengan Bulan Januari 2024. Penentuan objek dan lokasi penelitian ditetapkan secara sengaja (purposive), dalam hal ini dipilih Kelurahan Baru Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, dengan pertimbangan bahwa Kelurahan Baru merupakan daerah yang memiliki populasi ayam pedaging (Broiler) terbesar dan produksi tertinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Jalur pemasaran 1 adalah produsen – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsmen. Sedangkan jalur pemasaran 2 adalah produsen – pedagang pengecer – konsumen dan jalur pemasaran 3 adalah produsen – konsumen. 2) Margin Pemasaran pada saluran pemasaran 1 sebesar Rp 35.000, saluran pemasaran 2 sebesar Rp 40.000 dan saluran pemasaran sebesar 3 Rp.0,00. 3) Nilai efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran 1 sebesar 30,07%, saluran pemasaran 2 sebesar 38,42% dan saluran 3 sebesar 3,03% dengan demikian lebih efisien jalur pemasaran 3. Kata kunci : Analisis, Margin Pemasaran, Saluran Pemasaran, Ayam Pedaging
Copyrights © 2024