Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengevaluasi dampak yang signifikan dari penerapan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, khususnya siswa yang ada di jenjang SMP. Metode yang dipakai ialah systematic review dengan teknik meta analisis. Artikel didapat melalui penelusuran menggunakan Google Scholar dengan rentang tahun antara 2019 dan 2023. Didapat sebanyak 16 artikel yang memenuhi syarat untuk dianalisis. Software Comprehensive Meta-Analysis (CMA) V3.0. dipakai sebagai alat bantu dalam melakukan analisis penelitian ini. Ukuran efek dihitung menggunakan persamaan Hedges dan ditentukan berdasarkan pada model estimasi efek-acak. Temuan dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa ukuran efek secara keseluruhan dari penerapan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP ialah sebesar 1,260, menempatkannya dalam kategori efek besar. Analisis variasi dalam studi dilakukan dengan mempertimbangkan dua variabel moderator, yaitu tingkatan kelas dan materi yang diajarkan. Temuan dari analisis ini menegaskan bahwa penerapan model pembelajaran PBL memiliki dampak signifikan terhadap kemampuan siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika. Berdasarkan tingkatan kelas model pembelajaran PBL paling efektif diterapkan di kelas IX dan berdasarkan materi yang diajarkan model pembelajaran PBL paling efektif diterapkan pada materi Teorema Pythagoras. Kata kunci: Meta-analisis, Problem Based Learning, Effect Size, kemampuan pemecahan masalah matematis Abstract: This research aims to analyze the significant impact of the problem-based learning (PBL) model on the mathematical problem-solving abilities of junior high school students. The method used is a systematic review with meta-analysis techniques. Articles were obtained through searches using Google Scholar with a range of years between 2019 and 2023, resulting in 16 scientific articles that met the eligibility criteria for analysis. The tool used to analyze this research is the Comprehensive Meta-Analysis (CMA) V3.0 software, and the effect size index from the Hedges-g equation obtained is determined based on the estimation of the random-effects model. The research findings revealed an overall effect size of 1.260 for the implementation of the PBL learning model on the mathematical problem-solving abilities of junior high school students, indicating a large effect category. Analysis of the study's variation levels was conducted by considering two moderator variables in terms of class levels and the taught material. The analysis findings indicate that the implementation of the PBL learning model has a significant impact on the mathematical problem-solving abilities of junior high school students. Based on class levels, the PBL learning model is most effective when applied in Grade IX, and based on the taught material, the PBL learning model is most effective when applied to the material of the Pythagorean Theorem. Keywords: Meta-analysis, Problem-Based Learning, Effect Size, Mathematical Problem Solving Abilities.
Copyrights © 2024