Barisan dan deret aritmatika merupakan salah satu materi yang dalam penyelesaian masalahnya banyak memuat kesalahan siswa dalam mengidentifikasi pola bilangan yang tepat dan kesulitan dalam mengomunikasikan ide matematisnya. Hal tersebut didukung oleh hasil penelitian awal di MAN Kendal yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa disebabkan model pembelajaran dan bahan ajar berupa modul dan buku paket yang muatanya mayoritas berupa teks, kumpulan soal, guru yang belum berorientasi pada kemampuan komunikasi matematis tersebut. Karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja berbasis web dengan model NHT yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmatika secara valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, angket respon, soal pretest dan posttest, serta pedoman observasi. Berdasarkan hasil penelitian, lembar kerja berbasis web yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah memenuhi aspek kevalidan produk, baik dari segi materi maupun media. Demikian halnya dengan aspek kepraktisan. Dari segi keefektifan, terdapat kenaikan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis dari pretest ke posttest yaitu sebesar 58,52. Sehingga, lembar kerja yang dikembangkan dapat dikatakan sudah memenuhi aspek keefektifan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Aritmatika, Komunikasi Matematis, Lembar Kerja, NHT. Abstract: Arithmetic sequences and series are one of the materials in which problem-solving contains many student errors in identifying correct number patterns and difficulties in communicating mathematical ideas. This is supported by the results of initial research at MAN Kendal which shows that students' mathematical communication skills are still low due to learning models and teaching materials in the form of modules and textbooks, the majority of which consist of texts, collections of questions, also the teachers learning strategies which are not yet oriented towards mathematical communication skills. Therefore, this research aims to develop web-based worksheets with the NHT model which can improve students' mathematical communication skills in arithmetic sequences and series. This research is R&D using the ADDIE model. The instruments used in this research were validation sheets, response questionnaires, pretest, and posttest questions, as well as observation guidelines. Based on the research results, the web-based worksheet developed in this research meets the product validity aspect, both in terms of material and media. Likewise with the practical aspect. In terms of effectiveness, there was an increase in the average value of mathematical communication skills from pretest to posttest, namely 58.52. Thus, the worksheet developed can be said to have fulfilled the aspect of effectiveness in improving students' mathematical communication skills. Keywords: Arithmetic, mathematical communication worksheets, NHT.
Copyrights © 2024