Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan tentang bagaimaana proses integrasi yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Gedangan dalam Penerimaa Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Teknik penentuan informan dilakukan menggunakan metode purposive sampling dan yang menjadi informan yaitu Ketua Panitian Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri 1 Gedangan, Staff IT, Staff guru SMP Negeri 1 Gedangan, Guru SD Sruni 1 dan calon wali murid yang mendaftarkan diri ke SMP Negeri 1 Gedangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menciptakan pendidikan yang berkeadilan pemerintah membuat kebijakan sistem zonasi. Kemampuan integrasi sistem zonasi SMP Negeri 1 Gedangan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dapat dikatakan efektif karena sudah dijalankan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Integrasi dibagi menjadi 2 faktor pendukung yaitu prosedur dan proses sosialisasi. SMP Negeri 1 Gedangan sudah dijalankan berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo. Proses sosialisasi dilakukan oleh SMP Negeri 1 Gedangan melalui rapat internal dengan dewan guru dan pemasangan banner di depan SMP Negeri 1 Gedangan. Kendala sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru ada 2 yaitu website PPDB seringkali terdeteksi error dan down apabila diakses secara bersamaan dan SDM wali murid yang gagap teknologi sehingga kurang mampu memahami tentang sistem zonasi.
Copyrights © 2022