Kabupaten Sidoarjo berupaya memberikan perubahan dengan menerapkan electronic government pada setiap penyelenggara pelayan publik. Implementasi electronic government di Kabupaten Sidaorjo diwujudkan dalam implementasi Sistem Pelayanan rakyat Sidoarjo (SIPRAJA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis impelementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) di Desa Tambaksumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur. Informan pada penelitian ini antara lain Kepala Desa tambaksumur, Kasi Pelayanan Desa Tambaksumur, serta masyarakat Desa tambaksumur yang menggunakan SIPRAJA. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi Sistem pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) di Desa Tambaksumur Kecamatan waru Kabupaten Sidoarjo terdapat 4 (empat) variabel yaitu; a) komunikasi, sosilaisasi yang dilakukan melalui media elektronik seperti whatsapp group, whatsapp story maupun secara langsung melalui sosialisasi kepada masyarakat; b) sumber daya, jumlah staf yang ada sat ini sudah memadai untuk pelayanan SIPRAJA, Desa Tambaksumur menyiapkan anggaran khusus untuk pelayanan SIPRAJA, tidak adanya komputer untuk pelayanan mandiri masyarakat di Balai Desa Tambaksumur; c) disposisi, sikap dan respon yang diberikan oleh staf pelayanan SIPRAJA kepada masyarakat telah sesuai dengan diharapkan, terutama pada masyarakat yang belum memahami maka akan diberi penjelasan oleh staf pelayan tersebut; d) struktur birokrasi, terdapat standar operasional prosedur yang jelas dan harus dipatuhi serta pembagian tanggungjawab yang harus dijalankan dengan baik.
Copyrights © 2022