Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar matematis siswa SMPN 10 Soromandi Satap, Bima Nusa Tenggara Barat yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model problem-based learning (PBL) dengan bantuan teknologi dan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Secara khusus penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pembelajaran dengan Langkah-langkahnya mencakup deskripsi studi kasus, analisis situasi, alternatif solusi, dan evaluasi. Hasil analsiis memperlihatkan bahwa keadaan awal siswa di SMPN 10 Soromandi Satap memiliki motivasi dan hasil belajar yang belum maksimal. Hal ini disinyalir karena penerapan pembelajaran yang kurang berpusat pada siswa dan minimnya pemberian bimbingan dan umpan balik. Selanjutnya, penggunaan model PBL yang didukung oleh integrasi teknologi dan media dapat menyelesaikan masalah rendahnya motivasi dan hasil belajar matematis siswa. Oleh karena itu, disarankan kepada para guru untuk inovatif dalam mengkonstruksi pembelajaran agar menggugah minat siswa dalam belajar sehingga menunjang peningkatan motivasi dan hasil belajar mereka. Media sederhana seperti video interaktif mampu menarik perhatian para siswa sehingga motivasi mereka tetap dipertahankan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024