Penelitian ini bertujuan untuk merefleksikan peningkatan motivasi belajar matematis siswa SMPN 3 Tambora, Bima Nusa Tenggara Barat yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model problem-based learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan kerangka STAR yang mencakup Situasi-Tantangan-Aksi-Refleksi sebagai panduan analisis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analsiis memperlihatkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika karena dalam prosespembelajaran siswa lebih banyak berdisksui, bekerja sama, saling membantu, melakukan umpan balik Bersama guru. Pemilihan PBL dengan memanfaatkan teknologi dan multimedia yang di gunakan oleh guru secara lansung dapat meningkatkan niat dan minat siswa dalam belajar matematika sehingga secara lansung menguatkan motivasi mereka dalam pembelajaran. Model PBL direkomendasikan diterapkan dengan mengintegrasikan teknologi dan multimedia sehingga menarik bagi siswa dan mendukung peningkatan motivasi mereka dalam belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024