JOURNAL OF SONGKE MATH
Vol. 7 No. 1 (2024): June

REFLEKSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 TAMBORA

Rusmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merefleksikan peningkatan motivasi belajar matematis siswa SMPN 3 Tambora, Bima Nusa Tenggara Barat yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model problem-based learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan kerangka STAR yang mencakup Situasi-Tantangan-Aksi-Refleksi sebagai panduan analisis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analsiis memperlihatkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika karena dalam prosespembelajaran siswa lebih banyak berdisksui, bekerja sama, saling membantu, melakukan umpan balik Bersama guru. Pemilihan PBL dengan memanfaatkan teknologi dan multimedia yang di gunakan oleh guru secara lansung dapat meningkatkan niat dan minat siswa dalam belajar matematika sehingga secara lansung menguatkan motivasi mereka dalam pembelajaran. Model PBL direkomendasikan diterapkan dengan mengintegrasikan teknologi dan multimedia sehingga menarik bagi siswa dan mendukung peningkatan motivasi mereka dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Songke Math(JSM) is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December). The JSM aims to provide an international forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education. It publishes its issues in an online ...