KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang
Vol. 12 No. 1 (2024): KREATIF

Analisis Preferensi Mengenai Minat Beli Pelanggan E-Commerce

Wijayanti, Novi (Unknown)
Salma, Nur Athiyah (Unknown)
Malinda, Frisca (Unknown)
Siregar, Juni Astri (Unknown)
Abdullah, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh harga, keragaman produk, dan kemudahan penggunaan platform terhadap minat belanja di e-commerce Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif kausal komparatif, yang bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan persepsi yang memengaruhi minat belanja konsumen dalam tiga generasi: generasi X, generasi Y, dan generasi Z. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling, fokus riset ini adalah pada konsumen Shopee di Kota Depok dengan jumlah responden sebanyak 96. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, keragaman produk, dan kemudahan penggunaan platform memiliki pengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap minat belanja di e-commerce Shopee. Temuan menarik adalah setiap generasi memiliki faktor dominan yang memengaruhi minat belanja mereka. Generasi X cenderung dipengaruhi oleh faktor harga, sementara generasi Y lebih terpengaruh oleh kemudahan penggunaan platform, dan generasi Z cenderung dipengaruhi oleh keragaman produk

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

KREATIF Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 2 edisi dalam setahun oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Oktober tahun 2013. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. ...