PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 1 (2024): PEDADIDAKTIKA

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Siswa di Sekolah Dasar

Haniva, Putri (Unknown)
Marta, Rusdial (Unknown)
Fadhilaturrahmi, Fadhilaturrahmi (Unknown)
Nurhaswinda, Nurhaswinda (Unknown)
Rizal, M. Syahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Kemampuan Berpikir Kritis siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SDN 013 Kumantan. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Promblem Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup dengan menggunakan Model Pembelajaran Promblem Based Learnin pada siswa kelas III SDN 013 Kumantan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Maret hingga Juli 2023. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 9 orang, dengan jumlah jumlah siswa laki-laki 3 orang, dan siswa perempuan berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil Kemampuan Berpikir Kritis siswa pada tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup kelas III SDN 013 Kumantan pada pratindakan 22,22% lalu pada siklus I Pertemuan I Meningkat menjadi 33,33%, siklus I Pertemuan II menjadi 55,55%, dan siklus II pertemuan I meningkat Menjadi 66,66% dan siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 88,88%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa pada tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup kelas III SDN 013 Kumantan sehingga dengan adanya implementasi penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa usia sekolah dasar serta berguna untuk guru dalam membenahi diri dalam mengajar sehubungan dengan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Copyrights © 2024