LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran
Vol 4 No 1 (2023): LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran

Kemampuan Literasi dalam Pembuatan Peta Konsep Buku Fiksi dan Non-Fiksi Melalui Pendekatan Pemodelan

Islahuddin, Islahuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini membahas pelaksanaan kegiatan literasi di sebuah sekolah, dengan fokus pada strategi pembelajaran yang menggabungkan pendekatan daring dan luring (blended learning) untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang peta konsep, garis alur, dan ringkasan buku fiksi dan nonfiksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan melakukan penelitian tindakan (action research)). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dalam pembuatan peta konsep dan garis alur, dengan indikasi berupa kenaikan nilai siswa. Meskipun terdapat kendala dalam pemilihan buku yang selektif dan persiapan waktu yang memadai, faktor pendukung seperti kesadaran sekolah, sarana prasarana, latar belakang keluarga siswa, profesionalisme guru, dan kesadaran literasi semakin meningkat. Rekomendasi yang diajukan adalah menerapkan strategi literasi di semua kelas dan mata pelajaran dengan seleksi buku yang lebih cermat serta mempertimbangkan pembentukan pojok baca di kelas sebagai upaya meningkatkan literasi secara holistik di sekolah. Simpulan, bahwa kegiatan literasi di sekolah belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, dan pembelajaran literasi belum mendapat perhatian yang memadai di semua mata pelajaran, meskipun merupakan muatan pokok kurikulum 2013. Selain itu, pembentukan pojok baca di seluruh kelas juga dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan literasi di seluruh sekolah secara holistik. Kata Kunci: Literasi, Pembelajaran, Peta Konsep

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LITERATUR

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran is published by IPM2KPE as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of language science, literature and teaching, language teaching and ...