Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan (JIMK)
Vol 4 No 2 (2023): Desember

PENGEMBANGAN EKONOMI PUBLIK MELALUI WISATA KULINER PASAR KAMU DI DESA DENAI LAMA PANTAI LABU

Muda, Indra (Unknown)
Hutasuhut, Julianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Pasar Kamu adalah singkatan Pekan Sarapan Karya Anak Muda yang merupakan salah satu daerah wisata kuliner. Pasar Kamu, dikenal sebagai platform ekonomi kreatif yang terdapat di Desa Denai Lama, Pantai Labu, Deli Serdang Sumatera Utara. Aktivitas pasar dibuka setiap hari Minggu, jam 06.00WIB hingga jam 11.00WIB. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi yang dilakukan pengelola menarik minat pengunjung. Jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengolahan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Informan penelitian, Ketua Kelompok Pasar Kamu 3 orang, pedagang 3 orang dan pengunjung. Hasil penelitian: Pengelola “Pasar Kamu” mengajak masyarakat Sadar Wisata (Masata) Deli Serdang bekerja sama, kemudian merancang “Pasar Kamu” seperti pasar rakyat tradisional dengan menawarkan makanan tradisional Melayu dan Jawa. Konsep ekonomi kreatif terlihat dari peran pemuda setempat dalam kegiatan pasar, yaitu sebagai produsen sekaligus penjual. Namun, mereka kurang memiliki skill marketing sehingga belum menghasilkan income yang lebih besar. Kesimpulan, pelayanan yang diberikan pedagang belum maksimal dan pengembangan usaha masih terkendala karena masih dikelola secara tradisional. Disarankan, para pedagang di “Pasar Kamu” perlu diberdayakan supaya sistem pelayanan semakin baik dan penghasilan masyarakat semakin meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jimk

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan (JIMK) merupakan Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Jurnal ini khusus memuat kajian ilmiah yang berkaitan dengan manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan ...