urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi

Strategi Cyber Public Relations KPw Bank Indonesia Provinsi NTT Dalam Mensosialisasikan Tagline Cinta, Bangga dan Paham Rupiah

Edon, Joan Imanuel (Unknown)
Daga, Lukas Lebi (Unknown)
Tuhana, Veki Edizon (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Strategi cyber public relations menjadi bagian dari tuntutan praktisi PR menyesuaikan diri dengan perkembangan digitalisasi dan memanfaatkan new media. Dalam mensosialisasikan tagline Cinta, Bangga dan Paham Rupiah KPw Bank Indonesia Provinsi NTT memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi cyber public relations KPw Bank Indonesia Provinsi NTT dalam mensosialisasikan tagline Cinta, Bangga dan Paham Rupiah melalui 4 tahapan strategi public relations menurut Cutlip dan Center yakni dari tahap penemuan masalah (defining public relations problems), tahap perencanaan dan pemograman (planning and programming), tahap pelaksanaan program dan pengkomunikasian (action and communicating) hingga tahap evalusasi (evaluating), kemudian tujuan lainnya untuk mengetahui motif penggunaan strategi tersebut danĀ  ditemukan ada 3 motif utama yakni membuat konten sosialisasi secara berkelanjutan, menjangkau lebih banyak masyarakat dan menyesuaikan diri dengan digitalisasi. Penelitian ini menggunakan analisis media siber pada akun Instagram @bank_indonesia_ntt yang terdiri dari ruang media, dokumen media, objek media, serta yang terakhir pengalaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

interaksi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan ...