Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Citra Merek Shopee, baik itu secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 responden dalam rangka memperoleh data primer serta studi literatur pada artikel, jurnal, hingga buku sebagai pelengkap data sekunder. Responden ditentukan atas dasar teknik non probability purposive sampling. Subyek dari penelitian ini adalah pengguna aplikasi TikTok yang pernah berbelanja pada E-Commerce Shopee pada kelompok usia Gen Z yang berdomisili di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh secara langsung Viral Marketing terhadap Citra Merek Shopee. Hasil uji analisis jalur juga menunjukkan bahwa secara langsung, variabel Viral Marketing (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Merek (Y). Besaran pengaruh langsung Viral Marketing (X1) terhadap Citra Merek (Y) adalah sebesar 0.534. Artinya, tinggi rendahnya Citra Merek hanya mampu dipengaruhi oleh Viral Marketing sebesar 53% sedangkan 47% sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitan.
Copyrights © 2024