Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2024): April

Meningkatkan Prestasi Melalui Materi Himpunan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Mata Pelajaran Matematika

Meko, Emanuel Lambertus (Unknown)
Bahtiar, Reza Syehma (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguraikan upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui materi himpunan dengan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan McTaggart dengan empat komponen, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh data bahwa dalam mata pelajaran matematika nilai rata-rata siswa rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Guru masih banyak menggunakan metode ceramah dan masih jarang menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan daftar nilai siswa kelas IV, didapat bahwa nilai rata-rata matematika materi himpunan masih rendah. Mayoritas siswa kelas IV masih kesulitan memahami materi himpunan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Hal ini terlihat dari ulangan harian matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pakis V Surabaya pada materi pecahan, dari 37 siswa, ada 17 siswa yang nilainya tidak mencapai Kriteria ketuntasan minimal. Kriteria Ketuntasan Minimal belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pakis V Surabaya sebesar 75. Model pembelajaran yang lebih mendorong keaktifan, kemandirian dan tanggung jawab dalam diri siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sistem-among

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar adalah Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian tentang pendidikan dasar dengan berbagai topik kajian seperti sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, ...