Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Kemitraan Keluarga dan Sekolah dalam memperkuat karakter mandiri siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri 86 Maluku Tengah, dengan mengambil fokus pada peran orang tua. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, untuk memberikan gambaran holistik tentang bagaimana kerjasama keluarga dan sekolah dapat menjadi model bagi siswa dalam mengembangkan karakter mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan antara keluarga dan sekolah memungkinkan orang tua membangun hubungan positif dengan siswa dan guru, mendorong kolaborasi yang solid dalam memperkuat karakter mandiri siswa. Kesimpulannya, kemitraan ini memiliki peran penting dalam meningkatkan karakter mandiri siswa, memerlukan kerjasama erat antara orang tua dan sekolah. Implikasinya, pentingnya dukungan orang tua dalam pendidikan karakter anak dan perlunya kolaborasi yang kokoh antara keluarga dan sekolah dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung. Penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi orang tua-sekolah adalah kunci dalam membentuk siswa yang mandiri dan berkualitas di masa depan.
Copyrights © 2024