Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2023): Juli

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Awal Benda Melalui Benda Konkret Kelompok B di Taman Kanak-Kanak

Lutfia, Khulatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketertarikan anak dalam mengenal huruf sehingga anak mampu dendan mudah untuk mengingat dan melafal huruf melalui benda yang ada di sekitar anak atau media benda konkret. Model media yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dikembangkan oleh Kemis dan MC. Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari planning (perencanaan), acting & observating (tindakan & pengamatan), reflecting (refleksi), dan revisi plan (revisi rencana untuk siklus berikutnya). Teknik pengumpulan data menggunakan dan Teknik analisi data berupa observasi dan penilaian unjuk kerja anak. Subjek dari penelitan ini adalah anak usia 5-6 tahun pada Kelompok B di TK Muslimat NU 13 Hasanuddin Talangagung Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Hasil penelitian di tunjukkan pada pra siklus presentase rata-rata baru mencaai 14,1%, kemudian pada siklus I presentase rata-rata mencapai 11,4% dan presentase pada siklus II meningkat hingga 7,3%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,1%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus dan praktis ilmiah dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Selain itu, jurnal ini mempromosikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk kajian literatur dan hasil penelitian lapangan (empiris) ...