Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Pawestri, Diajeng Sukma (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Sesanti, Nyamik Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan dunia pendidikan dalam hal penggunaan media pembelajaran elektronik. Memberikan sebuah tantangan bagi guru untuk meningkatkan skill yang dimiliki. Selain itu kecenderungan siswa untuk minat kepada pembelajaran matematika dalam kategori kurang diminati oleh siswa. Sehingga guru harus membangun minat belajar matematika melalui media pembelajaran berbasis unity. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kelayakan, kefektifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bangun ruang melalui media pembelajaran berbasis unity. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan ADDIE yang terdapat 5 komponen yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Develop), Implementasi (Implement), & Evaluasi (Evaluate). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa media pembelajaran berbasis unity pada pembelajaran bangun ruang mendapat nilai validasi media sebesar 92,5%, nilai validasi materi 87,5% dan Validasi bahasa sebesar 93% yang berarti media layak digunkan. Selain itu media berbasis unity mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil uji t mendapay nilai sebesar 36,114 dengan signifikasi kurang dari 0,05 yang menunjukan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis unity dengan kenaikan nilai yang didapatkan oleh siswa dan di dukung oleh hasil Uji N-gain gain = 0,729 yang artinya N-gain = 0,729 > 0,7 sehingga dikategorikan peningkatan skornya adalah tinggi. Artinya ada peningkatan setelah peggunaan media pembelajaran berbasis unity.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus dan praktis ilmiah dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Selain itu, jurnal ini mempromosikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk kajian literatur dan hasil penelitian lapangan (empiris) ...