Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan dunia pendidikan dalam hal penggunaan media pembelajaran elektronik. Memberikan sebuah tantangan bagi guru untuk meningkatkan skill yang dimiliki. Selain itu kecenderungan siswa untuk minat kepada pembelajaran matematika dalam kategori kurang diminati oleh siswa. Sehingga guru harus membangun minat belajar matematika melalui media pembelajaran berbasis unity. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kelayakan, kefektifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bangun ruang melalui media pembelajaran berbasis unity. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan ADDIE yang terdapat 5 komponen yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Develop), Implementasi (Implement), & Evaluasi (Evaluate). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa media pembelajaran berbasis unity pada pembelajaran bangun ruang mendapat nilai validasi media sebesar 92,5%, nilai validasi materi 87,5% dan Validasi bahasa sebesar 93% yang berarti media layak digunkan. Selain itu media berbasis unity mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil uji t mendapay nilai sebesar 36,114 dengan signifikasi kurang dari 0,05 yang menunjukan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis unity dengan kenaikan nilai yang didapatkan oleh siswa dan di dukung oleh hasil Uji N-gain gain = 0,729 yang artinya N-gain = 0,729 > 0,7 sehingga dikategorikan peningkatan skornya adalah tinggi. Artinya ada peningkatan setelah peggunaan media pembelajaran berbasis unity.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024