Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2024): Juli

Analisis Implementasi Habituasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Hidayah, Asri Makrifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Sebagai dasar Negara Indonesia, Pancasila mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter dan identitas warga negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan berbagai pihak seperti waka bidang kurikulum, waka bidang kesiswaan, guru, wali murid, dan siswa. Fokus penelitiannya adalah pada pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara dan landasan moral, serta metode pengajaran yang digunakan untuk mengkomunikasikan nilai-nilai tersebut kepada siswa. Penelitian ini mengevaluasi dampak implementasi nilai-nilai Pancasila terhadap sikap dan perilaku siswa kelas VIII, termasuk dalam konteks pengembangan karakter, kepemimpinan, dan kewarganegaraan. Penelitian ini juga mempertimbangkan tantangan dan hambatan yang dihadapi sekolah, serta faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi pembelajaran. Hasil penelitian dapat memberikan wawasan tentang pengintegrasian nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran dan implikasinya terhadap karakter siswa, serta memberikan masukan bagi pengembangan pendidikan di sekolah lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus dan praktis ilmiah dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Selain itu, jurnal ini mempromosikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk kajian literatur dan hasil penelitian lapangan (empiris) ...