Pelayanan kesehatan sudah seharusnya memberikan kepuasan terhadap pengguna layanannya. Penelitian ini mengkaji faktor yang berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien pada pelayanan perawat di Instalasi Rawat Jalan UPTD Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V.L. Ratumbuysang. Penelitian ini dilakukan dengan desain cross sectional study dengan seluruh keluarga pasien sebagai populasi penelitian. Sebanyak 255 responden diikutsertakan sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan mengadministrasikan kuesioner, sementara uji korelasi dan regresi linear digunakan dalam analisis data. Diperoleh bahwa lebih dari setengah responden merasa puas terhadap pelayanan perawat (73.3%). Analisis bivariat menunjukan bahwa terdapat hubungan antara seluruh dimensi mutu pelayanan perawat; reliability (nilai korelasi =0.523, p-value =0.000), responsiveness (nilai korelasi = 0.599, p-value = 0.000), assurance (nilai korelasi= 0.571, p-value = 0.000), empathy (nilai korelasi= 0.577, p-value = 0.000), dan tangibles (nilai korelasi = 0.591, p-value= 0.000), dengan kepuasan keluarga pasien. Hasil analisis multivariat menunjukan bahwa responsiveness perawat merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan keluarga pasien. Selanjutnya, seluruh dimensi mutu pelayanan perawat secara signifikan berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien, dimana responsiveness perawat menjadi faktor yang paling dominan menentukan kepuasan keluarga pasien. Kata kunci: mutu pelayanan, kepuasan keluarga pasien, rumah sakit jiwa
Copyrights © 2024