Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan
Vol 24 No 02 (2023): PLPB: Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, Volume 24 Nom

Systematic Literature Review: Analisis Collaborative Governance Dalam Program Adiwiyata Sekolah

Hanipah Apriliani (Unknown)
Gandhi Pawitan (Unknown)
Pius Suratman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Adiwiyata Sekolah merupakan bentuk komitmen pemerintah melalui pendidikan, terhadap pengelolaan dan perlindungan lingkungan melalui kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2013 diterjemahkan menjadi program sekolah Adiwiyata, dan telah berganti dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.52/Menlhk/Setjen/Kum.1/9/2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. Tujuan penelitian ini, untuk melihat bentuk kolarasi yang dilakukan sebagai bentuk kerjasama antara pemerintah dan berbagai pihak, dalam mencapai tujuan adiwiyata sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (meta-analisis), dengan metode Sistematik Literature Review. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tinjauan pustaka, dengan menggunakan database google scholar dan menggunakan aplikasi publish or perish, reference manager mendeley. Hasil penelitian ini yaitu, diketahui bentuk kolaborasi antara berbagai pihak, serta peran-peran dalam pelaksanaan program adiwiyata. Sehingga, tercapainya sikap sadar lingkungan pada seluruh warga sekolah, sebagai upaya untuk menanggulangi kerusakan lingkungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

plpb

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan (PLPB) (E-ISSN: 2580-9199; P:ISSN: 1411-1829) is scientific journal providing researched paper on the subject of Environmental Education and Sustainable Development published two times a year (March and September) by The Population and ...