MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 6, No 1 (2024): MATHEMA

Problem Based Learning: Solusi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Agustin, Erza Mulia (Unknown)
Solfitri, Titi (Unknown)
Anggraini, Rini Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Problem Based Learning (PBL) telah dilakukan terhadap 26 orang peserta didik kelas VII.3 SMP Islam As-Shofa Pekanbaru sebagai subjek dengan tujuan untuk perbaikan proses pembelajaran dan meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM). Perolehan data melalui instrumen penelitian (silabus, RPP, dan LKPD) dan instrumen pengumpulan data (lembar pengamatan dan tes KPMM peserta didik). Indikator KPMM dalam penelitian ini meliputi memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanan rencana dan menafsirkan hasil. Dua siklus PTK melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi memberikan peningkatan skor rerata tes KPMM dari 64,34 pada siklus I menjadi 77,50 pada siklus II. Hasil ini menggambarkan bahwa bahwa PBL dapat membuat KPMM peserta didik meningkat kelas VII.3 SMP Islam As-Shofa Pekanbaru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...