MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 6, No 1 (2024): MATHEMA

Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP

Monica, Resti (Unknown)
Lusiana, Lusiana (Unknown)
Retta, Allen Marga (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan dan faktor penyebab yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal AKM kelas VIII di SMP Budi Utama Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil yang diperoleh siswa pada kesulitan dalam menyelesaikan soal AKM dengan persentase 71% yang dikategorikan sedang. Nilai terendah yang diperoleh sebesar 18,75 dan tertingginya 93,75 , hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami materi, bagaimana cara menentukan mean, median dan modus dari data tunggal atau data kelompok. Dan masih banyak siswa yang belum mengetahui lebih jauh tentang AKM Numerasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa mengalami kesulitan pada konteks sosial budaya, saintifik, dan personal pada level kognitif pemahaman, penerapan, dan penalaran. Faktor penyebabnya yaitu 1) siswa masih belum memahami terkait materi statistika, menentukan mean, median, dan modus baik itu data tunggal maupun data kelompok. 2) siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan beranggapan bahwa soal matematika itu sulit. 3) kurangnya waktu dalam menyelesaikan soal. 4) siswa belum terbiasa mengerjakan soal yang terdapat konteks dan masih kurangnya penggunaan soal AKM dalam evaluasi pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...