MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 6, No 2 (2024): MATHEMA

Pengembangan Media Pembelajaran Commath dalam Problem Based Learning untuk Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan

Al Hawa, Mihwatul Nurika (Unknown)
Cipta, Dyah Ayu Sulistyaning (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap merepotkan oleh para siswa. Materi perbandingan adalah salah satu materi yang sering menimbulkan kesulitan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa tentang ide pemeriksaan dan kesulitan dalam menangani masalah korelasi. Dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa pada materi perbandingan, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Commath (Comparison Mathematics) untuk Problem Based Learning (PBL). Commath merupakan media pembelajaran berbasis aplikasi yang dibuat untuk membantu siswa memahami konsep perbandingan dan menyelesaikan masalah perbandingan dengan cepat dan menyenangkan. Desain penelitian pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat memahami materi perbandingan dengan mudah menggunakan media pembelajaran Commath dalam PBL. Hal ini ditunjukkan oleh hasil eksperimen terakhir yang menunjukkan peningkatan nilai yang sangat signifikan setelah menggunakan media pembelajaran Commath dalam PBL. Karya inovatif ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Commath dalam PBL dapat menjadi media pembelajaran pilihan yang menarik untuk membantu siswa dalam memahami materi ujian.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...