MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 2 (2023): MATHEMA

Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Litersi Matematika Siswa

Huda, Nuril (Unknown)
Khotimah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan literasi matematika pada siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 4 tahapan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 4 MAN 1 Gresik yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Observasi dilaksanakan untuk mengamati aktivitas peserta didik di dalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Tes digunakan untuk mengumpulkan data terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif komparatif. Hasil penelitian dideskripsikan untuk memberi gambaran proses yang dilaksanakan. Kemudian nilai siswa dibandingkan antara nilai pada siklus I dengan nilai pada siklus II. Peningkatan yang terjadi pada siklus I tingkat kemampuan literasi matematika siswa masih berada di bawah 50, dan pada siklus II tingkat kemampuan literasi matematika siswa adalah 75% secara berkelompok dan 81% berdasarkan tes pada masing-masing siswa. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas XI di MAN 1 Gresik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...