Sentra Cendekia
Vol 5 No 1 (2024): Februari

Meningkatkan Kemampuan Numerasi melalui Permainan Edukatif Popi (Sempoa Pintar) Anak Usia 4-5 Tahun di TK Muslimat NU Masyithoh Pesawahan Adiwerna

Solicha, Siti (Unknown)
Prihandoko, Tri Leksono (Unknown)
Furi, Atika Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan numerasi mengenal lambang bilangan melalui alat permainan edukatif sempoa pintar pada kelompok A Di TK Muslimat NU Masyithoh Pesawahan Adiwerna Kecamatan Adiwerna. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menggunakan 2 Siklus. Setiap siklus dilakukan dengan dua kali pertemuan dengan tahapan : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian yaitu kelompok A dengan usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Masyithoh Pesawahan Adiwerna yang berjumlah 15 anak. Data diperoleh dengan dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presntase (DP). Hasil penelitian menunjukan bahwa alat permainan edukatif sempoa pintar dapat meningkatkan kemampuan numerasi mengenal lambang bilangan di kelompok A TK Muslimat NU Masyithoh Pesawahan. Hasil observasi yang dilakukan pada saat pra tindakan atau pra Siklus mencapai 27% (BB), pada siklus I mencapai 60% dan siklus II mencapai 85% dengan kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Hal tersebut telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan sebesar 80%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jsc

Publisher

Subject

Education

Description

The focus of Sentra Cendekia is research, study, and analysis that related to early childhood ...