Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan usaha pengolahan stik keju rumput laut yang dilakukan oleh Kelompok Rawing Mariori di Kampung Aromarea Distrik Kosiwo, Kabupaten Yapen dengan pendekatan model bisni kanvas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan model bisnis kanvas dan analisis SWOT. Hasil penelitian dijabarkan menjadi sembilan elemen model bisnis kanvas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis yang diperoleh dari Pemetaan Business Model Kanvas sudah cukup baik, saling mendukung untuk menghasilkan pendapatan. Akan tetapi kelompok Rawing Mariori perlu memperbaiki elemen cost structures, customer segment, channels untuk dapat meningkatkan pendapatan, termasuk juga dengan memanfaatkan sumberdaya utama, meningkatkan struktur biaya periklanan, dan mengembangan kerjasama dengan pelanggan sebagai pengecer, menjalin kemitraan, serta meningkatkan hubungan pelanggan dan mencari saluran pemasaran baru.Selanjutnya berdasarkan analisis SWOT maka strategi utama yang bisa dilakukan adalah: (1) meningkatkan skala usaha dan produktifitas usaha; (2) memperluas akses pasar dan target pasar; (3) memanfaatkan peluang permodalan usaha mikro; dan (4) meningkatkan kemampuan untuk mengelola keuangan usaha.
Copyrights © 2024