Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 10 No. 1 (2024): Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR

Nurfuadiah, Hasni (Unknown)
Yahya, Muhammad (Unknown)
Sanatang, Sanatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Peran whatsapp pada pembelajaran daring di SMK Negeri 10 Makassar, 2) Tingkat keefektifan penggunaan pembelajaran daring berbantuan media sosial whatsapp di SMK Negeri 10 Makassar, 3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring berbantuan media sosial whatsapp di SMK Negeri 10 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan metode penelitian Mix Method Research (metode gabungan: kualitatif-kuantitatif). Jenis dan Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini penunjukkan bahwa; 1) Peiran WhatsApp pada peimbeilajaran daring di SMK Neigeiri 10 Makassar cuikuip baik, dinama nilai rata-rata 87,4 dari skor ideial 100. 2) Peimbeilajaran meingguinakan aplikasi atau platform pembelajaran daring pada mata peilajaran Sisteim Kompuiteir di SMK Neigeiri 10 Makassar teirgolong eifeiktif dengan nilai rata-rata 86,1 dari skor ideial 100. Hal ini dibuiktikan deingan teircapainya indikator eifeiktivitas yaitui; Muitui Peimbeilajaran, Keiseisuiaian Tingkat Peimbeilajaran, Inseintif, dan Waktui peimbeilajaran baik dari seigi proseis mauipuin hasil beilajar deingan nilai rata-rata 86,1 dari skor ideial 100 3) Faktor pendukung yang dapat membantu proses pembelajaran daring di SMK Negeri 10 Makassar antara lain; sarana dan prasarana, tenaga pengajar dan partisipasi siswa. Sedangkan faktor penghambat antara lain; Keterbatasan koneksi internet, Belum memiliki handphone android, Memori smartphone penuh, Kurangnya interaksi secara langsung, Pengawasan belajar tidak maksimal, Sulit memahami secara maksimal terhadap materi yang diberikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASH

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universita Islam Makassar (UIM) dengan fokus dan ruang lingkup kajian Ilmu Pendidikan, Pendidikan Islam, Manajemen Pendidikan, Media Pembelajaran, Pemikiran Islam, Hukum Islam ...