Islamic Banking and Finance
Vol 4, No 1 (2024)

Literasi Akad Salam Terhadap Minat Beli Gen-Z via E-Commerce di Kab. Bone

Muthmainnah, Titiek (Unknown)
Novianty, Rina (Unknown)
Jumarni, Jumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Literasi Akad Salam terhadap Minat Beli Via E-commerce Studi Generasi Z Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 100 responden dan teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada responden secara online dan offline di lima kecamatan yaitu Cina, Tellu Siattinge, Tenete Riattang, Tenete Riattang Timur, dan Tenete Riattang Barat. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat literasi akad salam terhadap minat beli mempunyai koefisien regresi  positif sebesar 0,595 yang menunjukkan bahwa minat beli meningkat dengan literasi akad salam. Nilai signifikansi dibandingkan dengan tingkat kesalahan 0,05 menunjukkan bahwa 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hipotesis (H1) yang digunakan dalam penelitian ini diterima, dan hipotesis nol (H0) ditolak.  Literasi akad salam memiliki dampak yang signifikan terhadap keinginan untuk membeli barang melalui internet pada pengujian determinasi menunjukkan bahwa variabel X memberikan pengaruh sebesar 63,3% terhadap minat beli, dan faktor-faktor tambahan sebesar 36,7% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dibahas atau disebutkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ibf

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal IBF (Islamic Banking and Finance) is a scientific journal managed by Islamic banking, the Bone State Islamic Institute of Religion. This journal focuses on major studies in Islamic Finance, Islamic Banking, finance, Islamic Financial Technology, Islamic Accounting and relevant fields of ...