Aptana: jurnal Ilmu dan Humaniora
Vol 1 No 2 (2023): Aptana: Jurnal Ilmu dan Humaniora Edisi Oktober 2023

Implementasi Pendidikan Multikultural Di Tengah Keragaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar

eta parera, Mohmul (Unknown)
Bethan, Fadhila U. M. (Unknown)
Kurniasari, Ningsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Keberagaman masyarakat Indonesia sebagai masyarakat majemuk yang memiliki keberagaman suku, budaya, adat istiadat dan perbedaan agama, ras, kebudayaan dan lain sebagainya menjadikan masyarakat Indonesia yang multikulrural.Pendidikan multikultural itu sendiri bertujuan untuk membentuk sikap, perilaku dan pemikiran lebih komperhensif pada peserta didik dalam memandang keberagaman, sehinggalebih komperhensif pada peserta didik dalam memandang keberagaman, sehingga mampu memumbuhkan toleransi. Pendidikan multicultural dapat menjadikan peserta didik paham akan keberagaman dan dapat meumbuhkan rasa. Metode dalam penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan dengan mengolah data yang berasal dari berbagai sumber literatur.Pendidikan Multikultural diterapkan melalui 3 cara yaitu budaya sekolah, strategi sekolah dan upaya guru dalam pengimplementasian pendidikan multikultural.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Aptana memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu pendidikan & humaniora. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah : Pendidikan Sekolah Dasar Pendidikan Agama Pendidikan Olahraga Kewirausahaan Filsafat Ilmu Ilmu Teori dan ...