Aspirasi : Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2024): Januari : ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat

Implementasi Teknologi QR-Code Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar

Hartawan, I Nyoman Buda (Unknown)
Dirgayusari, Ayu Manik (Unknown)
Ni Wayan Suardiati Putri (Unknown)
Lopez, Ferdinandus Try Mahartha Da. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Kemampuan literasi yang dimiliki seseorang perlu dikembangkan sejak dini. Siswa sekolah dasar merupakan fase dalam menanamkan pondasi dasar yang nantinya akan dijadikan sebagai kebiasaan ketika dewasa nanti. Salah satu pondasi dasar yang perlu ditanamkan pada siswa sekolah dasar adalah kemapuan literasi. Banyaknya informasi yang beredar saat ini dan akan lebih banyak dimasa depan, membutuhkan kempuan literasi yang baik. Pada kegiatan ini dilakukan implementasi teknologi QR-Code untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar di Kabupaten Badung. Kegiatan pelatihan diikuti oleh siswa sekolah dasar. Materi yang diperkenalkan pada kegiatan ini adalah pengenalan hewan yang ada disekitar siswa untuk mata pelajaran IPAS. Siswa melakukan pemindaian pada Papan QR-Code, yang selanjutnya diarahkan ke website pengenalan hewan baik dalam bentuk teks, gambar, dan video untuk memenuhi gaya belajar siswa. Hal implementasi menunjukkan bahwa siswa mampu menggunakan Papan QR-Code secara mandiri baik melakukan pemindaian, akses website, dan membaca informasi baik berupa teks, gambar, maupun video.

Copyrights © 2024