Pendidikan TK merupakan tugas penting yang didalamnya terdapat pemberlajaran dari peran-peran yang harus dilakukan sebaik mungkin oleh guru. Sekolah TK Ade Hawari yang dimana sekolah tersebut menerima siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus yang memberikan kesempatan untuk siswa berkebutuhan khusus untuk bersekolah di TK formal karena sekolah tersebut merasa kasihan terhadap orang tua yang kesulitan dengan ekonominya. Bentuk-bentuk yang dilakukan oleh guru memberi fasilitor bermain melalui ide-ide yang sudah di buat oleh guru. Kemudian pada masa anak usia dini guru harus lebih mampu menunjukan kompentensi peran guru dalam membimbing siswa di sekolah Taman Kanak-Kanak (TK). Tipe penelitian ini tergolong deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan Peran Guru Dalam Mendidik Anak Normal dan Anak Berkebutuhan Khusus di TK Ade Hawari Dusun VII Desa Firdaus. Jumlah informan utama dalam penelitian ini ada 1 guru dan 2 orang tua murid TK Ade Hawari serta 1 informan kunci yaitu Kepala Sekolah sekaligus guru yang mengajar di sekolah TK Ade Hawari dan 1 informan tambahan yaitu penjual jajanan di sekolah. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah studi kepustakaan, wawancara mendalam dan observasi langsung kelapangan. Hasil penelitian yaitu menunjukan bahwa peran guru dalam mendidik anak normal sebagai Informator, inisiator, Motivator, Transmitter, Fasilititator Evaluator. Sedangkan peran guru dalam mendidik anak berkebutuhan khusus sebagai Informator, Motivator, Fasilitator, Evaluator.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024