Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan belajar siswa di sekolah, yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan penguasaan konten dengan model cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 72 orang siswa MAN 1 Kota Pariaman dengan kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan adalah angket, sedangkan datanya dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan model cooperative learning tipe jigsaw efektif dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa. Setelah diberikan perlakuan layanan penguasaan konten dengan model cooperative learning tipe jigsaw, keterampilan belajar siswa meningkat secara signifikan. Hal ini juga terlihat dari hasil uji t yaitu thitung > ttabel (31,886 > 1,99444) dan mempunyai nilai p < 0,05 (0,001 < 0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata pretest dan skor rata-rata posttest. Dapat dsisimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan model cooperative learning tipe jigsaw terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa.
Copyrights © 2024