Current Issues In Counseling
Vol 4, No 1 (2024): Current Issues in Counseling

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik yang Membolos Di SMP

Rati, Gustina Pelita (Unknown)
Sukmawati, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang membolos di SMPN 8 Solok Selatan. Salah satu faktor yang menyebabkan peserta didik membolos adalah kurangnya motivasi belajar pada diri peserta didik. Layanan yang diberikan dalam penelitian ini yaitu dengan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran motivasi belajar peserta didik yang membolos sebelum dan sesudah serta untuk menguji efektivitas layanan  bimbingan kelompok  dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment design (one group pretest-posttest design). Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar pada peserta didik serta layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang membolos. Hal ini diperkuat dari hasil uji wilcoxon signed rank test dimana taraf signifikansinya pada kelompok eksperimen lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang membolos. Keywords: Bimbingan Kelompok, Membolos, dan Motivasi Belajar. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cic

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Current Issues in Counseling (ISSN: 2797-9032) is a peer-reviewed journal and scientific journal published by Universitas Negeri Padang. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling ...