SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
Vol 7, No 2 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal for School Counseling

Hubungan perilaku self harm dengan perilaku agresif pada remaja awal di smp negeri 25 banjarmasin

Rahman, Abdur (Unknown)
Haryadi, Rudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2022

Abstract

Maraknya hambatan yang terjadi pada siswa di lingkungan sekolah menjadikan tingkat stress anak-anak menjadi lebih meningkat. Atas fenomena ini siswa akan menenangkan diri berbagai cara yang diantanya banyak yang mengambil jalan yang salah diantaranya melakukan self harm atau berperilaku agresif. Perilaku ini bisa datang dari luar dan dalam. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menjelaskan hubungan antara perilaku self harm dengan perilaku agresif. Dengan menggunakan random sampling, jumlah subyek penelitian adalah 60 remaja laki-laki dan perempuan diambil dari sebuah SMP Negeri di banjarmasin, Kalimantan Selatan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert yang dibuat sendiri berdasarkan teori yang terkait. Hasil menunjukkan bahwa tidak ada hubungan diantara kedua variabel Self harm dengan perilaku agresif yang mana nilai koefiesien r=0,17 yang menyatakan tidak adanya hubungan atau sangat rendah hubungannya antara kedua variabel. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

schoulid

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Social Sciences

Description

SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 ...