SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
Vol 9, No 1 (2024): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling

Analisis afiksasi bahasa indonesia pada tulisan siswa darul u-loom school satun di Thailand

Lubis, Dahni (Unknown)
Rahayu, Enny (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis afiksasi pada tulisan siswa Darul U-loom School Satun di Thailand, dengan fokus memahami penggunaan dan distribusi afiks dalam teks mereka. Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan tulisan siswa sebagai data primer, kemudian dilakukan analisis afiksasi menggunakan pendekatan linguistik terkini. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa menggunakan afiks dengan beragam pola, termasuk prefiks, sufiks, dan konfiks, untuk membentuk kata-kata yang sesuai dengan tata bahasa Indonesia. Statistik menonjolkan variasi afiksasi yang digunakan siswa dalam mengekspresikan ide dan makna dalam tulisan mereka. Kesalahan penggunaan afiks juga diidentifikasi dan dianalisis secara mendalam, memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap tantangan yang dihadapi siswa dalam menguasai afiksasi. Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap kesalahan ini mencakup kurangnya pemahaman aturan afiksasi, keterampilan menulis yang masih perlu diasah, dan kurangnya bimbingan dari guru. Interpretasi mendalam terhadap hasil analisis ini dikaitkan dengan literatur terkait afiksasi dalam bahasa Indonesia. Implikasi dari hasil penelitian ini juga dibahas, terutama terkait dengan pengajaran bahasa Indonesia di lingkungan sekolah Darul U-loom School Satun. Temuan ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang proses pembelajaran siswa dalam menggunakan afiksasi dan dapat digunakan sebagai dasar untuk perbaikan kurikulum dan metode pengajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

schoulid

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Social Sciences

Description

SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 ...